Breaking News
Loading...
Kamis, 28 April 2016

8 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

23.48
Buah kiwi, buah yang normal berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam. Buah ini kaya serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara.

Rasa buah kiwi yang asam manis dapat ditentukan dari tingkat kematanganya. Maka tak heran jika beberapa orang memilih buah kiwi yang tidak terlalu matang dengan alasan rasa asam yang masih pekat, karena kandungan seratnya lebih banyak. 



Buah Kiwi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zespri Health Scinece Research menyatakan buah ini kaya vitamin C. Bahkan, vitamin C yang berasal dari buah kiwi lebih banyak dari jeruk yang digadang-gadang sebagai sumber vitamin C terpopuler. Tak hanya itu, vitamin C yang berasal dari kiwi juga bersifat sebagai antioksidan dan mampu membantu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi.






Berikut ini adalah 8 manfaat mengkonsumsi buah kiwi bagi kesehatan :


1. Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan kulit


Buah kiwi mengandung lebih banyak kalium dibandingkan pisang. Tak hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam buah ini juga lebih banyak dari jeruk. Kiwi juga kaya vitamin E dan Alfa Linoleic Acid, asam lemak esensial. Ini semua merupakan vitamin dan mineral penting untuk perawatan kulit. 



2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dan senyawa antioksidan lainnya telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dosis yang sehat Vitamin C akan melindungi tubuh kita dari infeksi, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini juga akan meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk memperbaiki luka, serta kebal dari bakteri, virus dan infeksi. Vitamin C  juga diperlukan untuk kolagen, protein struktural utama yang ditemukan dalam jaringan ikat. Vitamin C yang diminum akan membantu untuk menyembuhkan luka lebih cepat dan lebih baik.

Vitamin C bisa mengurangi keparahan gejala demam karena flu biasa, termasuk peradangan, hidung meler dan sakit kepala. Vitamin C juga mengontrol alergi yang bisa menyebabkan demam. Hal ini akan mengurangi kadar histamin, dan seringkali dapat mempercepat menghilangkan demam.

3. Untuk Menurunkan Berat Badan
Mengkonsumsi buah kiwi bisa menurunkan berat badan karena kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C terbukti bisa membantu menurunkan kadar lemak,  dan menjaga berat badan yang sehat. Ahli diet dan ahli gizi selalu menyarankan vitamin C dari buah-buahan dan sayuran untuk diet, karena ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa makan-makanan yang kaya vitamin C secara teratur akan membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Dokter telah menemukan bahwa makan buah-buahan yang kaya vitamin C dapat menurunkan insulin, sehingga tubuh tidak menyimpan gula dan mengkonversinya menjadi lemak untuk digunakan sebagai bahan bakar tubuh. Bagi kamu yang sedang melakukan program diet, admin saranin banget lah untuk mengkonsumsi buah yang rasanya "asem" ini, hehe.

4. Buah Kiwi Baik Dikonsumsi Ibu Hamil
Buah kiwi ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin. Buah kiwi mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Hal ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi ibu hamil, sebab kandungan buah kiwi bisa menjaga ibu hamil dari kemungkinan terserang penyakit berbahaya.

Salah satu manfaat tersebut adalah mencegah terserang penyakit Alzheimer yang merupakan jenis penyakit yang menyerang sistem saraf pada otak. Hal ini bisa saja terjadi pada ibu hamil. Sedangkan mineral dan vitamin pada kiwi memang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada janin. Bahkan, masih banyak manfaat lain dari buah kiwi, tentu kami akan mengulasnya sampai tuntas untuk pembaca sekalian.
5. Menjaga Kesehatan Mata


Kadar karotenoid yang terdapat dalam buah kiwi membantu melindungi mata Anda dari radikal bebas berbahaya. Selain itu, mata kita membutuhkan vitamin C agar berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan katarak, di mana lensa mata menjadi semakin buram. Katarak menyebabkan pandangan kabur, dan bisa berakhir dengan kebutaan pada orang dewasa. Asupan tinggi vitamin C akan mencegah katarak, karena akan meningkatkan jumlah aliran darah ke mata.



6. Mencegah Penyakit Jantung

Buah kiwi bisa untuk mencegah penyakit jantung atau yang biasa disebut bahasa medis sebagai vadiovaskular merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pembekuan darah yang terjadi di otot-otot jantung. Kandungan yang terdapat dalam buah kiwi sanagt berguna dalam mengencerkan darah Anda. Selain itu, senyawa aktif yang ada dalam daging buah kiwi bermanfaat untuk menurunkan kadar lemak sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.

7. Mengkonsumsi Buah Kiwi Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes
Pasien diabetes juga bisa terbantu oleh kandungan vitamin C yang ada di dalam buah kiwi, vitamin C akan membantu untuk mengatur kadar gula darah. Suplemen vitamin C akan menurunkan glukosa dalam sel-sel tubuh, di mana akan melindungi dari berbagai komplikasi diabetes.

8. Melindungi Terhadap Degenerasi makula dan Masalah Mata Lainnya

Degenerasi makula adalah penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua. Sebuah studi di lebih dari 110.000 pria dan wanita menunjukkan bahwa makan 3 porsi buah atau lebih per hari mengalami penurunan degenerasi makula sebesar 36%. Hal ini diduga terkait dengan tingkat tinggi kiwi yang lutein dan zeaxanthin, keduanya merupakan bahan kimia alami yang ditemukan di mata manusia. Meskipun kedua buah-buahan dan sayuran yang diteliti, efek yang sama ini tidak ditampilkan untuk sayuran.

Nah dari penjelasan di atas, sudah tahu kan banyaknya manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh kita. 
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer