Breaking News
Loading...
Rabu, 27 April 2016

Manfaat Buah Pisang

18.09















Buah pisang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Buah pisang merupakan buah yang banyak memiliki kandungan gizi atau vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan juga untuk kecantikan kulit wajah. Berdasarkan penelitian, dalam 1 buah pisang terdapat 500 miligram potasium yang berguna untuk menambah tenaga bagi tubuh. Pisang baik dikonsumsi karena kaya akan kandungan vitamin dan mineral  penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium.

Berikut beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh :

1. Mengkonsumsi Buah Pisang Dapat Mengatasi Anemia
Kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Bagi anda Disarankan untuk mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Manfaat buah pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan mata kita, karena kandungan vitamin A yang ada di  dalam pisang. Vitamin A memiliki peran penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol. Salah satu bentuk Vitamin A yang dikenal dengan Beta Karoten, merupakan senyawa dengan aktifitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh mupun polusi dari luar. Vitamin A juga berfungsi sebagai sistem imun eksternal yang melindungi tubuh dari radikal bebas, virus, bakteri, jamur dan patogen. Mencukupi asupan vitamin A harian berarti meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Melancarkan Peredaran Darah
Buah pisang memiliki kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.

4. Buah Pisang Kaya Akan Vitamin C
Selain vitamin B6 yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme, pisang juga mengandung vitamin C. Mungkin kamu juga sudah tahu kalau vitamin C adalah salah satu aspek penting dalam tubuh yang mengandung antioksidan. Hal tersebut berguna untuk melawan radikal bebas yang hendak masuk ke tubuh.

5. Memperlancar Proses Metabolisme / Buang Air Besar
Bagi anda yang mengalami kesulitan saat buang air besar, anda dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan. Karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

6. Mencegah Penyakit Jantung
Buah pisang ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung, hal ini karena buah pisang mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi untuk kesehatan jantung. Serat pektin berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

7. Mengkonsumsi Pisang Sangat Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Bagi anda wanita yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Satu buah pisang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua buah pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi dengan makan buah pisang ini. Selain itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.


8. Mengatasi Rasa Sakit Ketika Haid
Jika anda sering merasa nyeri setiap kali haid, jangan ambil pusing dan cobalah untuk mengatasinya dengan cara yang alami. Perbanyak mengkonsumsi buah pisang maka rasa nyeri tersebut dapat mungkin berkurang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer