Breaking News
Loading...
Selasa, 26 April 2016

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

17.05



















Alpukat adalah buah yang dibilang unik. Berbeda dengan buah lain, alpukat mengandung lemak yang lumayan tinggi yakni 6,50 – 25,18 gram per 100 gram daging buah.Keberadaan tanaman alpukat di Indonesia telah cukup lama sekitar dua abad yang lalu. Pengembangan tanaman alpukat di tanah air tampaknya belum merata.


Di antara buah-buahan, rasa alpukat unik. Rasanya bukan manis atau pun masam, tetapi rasanya seperti kacang-kacangan. Rasa ini berasal dari daging buah yang konsistensinya menyerupai mentega. Buah alpukat biasanya dimakan segar, karena daging buahnya akan pahit rasanya bila dimasak, disebabkan oleh tanin yang terdapat dalam daging buah. Daging buah alpukat dapat dimakan dengan diulasi air jeruk nipis, air jeruk, atau cuka. Buah alpukat dapat dibelah, kemudian bagian cekung dari daging buah diisi dengan daging udang atau daging kepiting. Daging buah alpukat yang dipotong-potong dapat dicampur dengan sayuran untuk dibuat salad.



Daging buah alpukat dapat pula dikeringkan kemudian dimasukkan kedalam sop kemudian dimasukkan kedalam sop panas tepat sebelum sop dihidangkan. Daging buah alpukat dapat juga direndam dalam air cuka (pickled), atau dilumatkan dan kemudian digunakan sebagi bahan penambah rasa pada es krim. Di beberapa daerah di Jawa, daging buah alpukat dicampur dengan kopi manis sebagai makanan penutup (desert).



Biji buah alpukat menghasilkan cairan seperti susu yang baunya seperti almond. Cairan ini akan berubah warnanya menjadi hitam-merah dan pada waktu bangsa Spanyol menaklukkan Amerika Selatan, digunakan sebagai tinta yang tak dapat dimakan.

Berikut beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan :



1. Manfaat buah alpukat untuk kesehatan mata

Buah alpukat memiliki kandungan lutein tertinggi dari buah-buahan lainnya. Lutein merupakan bagian dari keluarga kalotenoid yang secara alam diproduksi di kloroplas dan chromoplasts tanaman. 
Lutein sebagian besar terkonsentrasi di makula, bagian berbentuk oval dengan warna kuning yang terapat di dekat pusat retina mata. Lutein berguna untuk menjaga kesehatan daya penglihatan manusia. Penelitian juga menunjukkan bahwa tingginya kadar lutein dalam alpukat dapat mengecilkan risiko kelainan pada mata khususnya degenerasi makula dan katarak.

2. . Mengkonsumsi buah alpukat dapat bermanfaat untuk kehamilan 

 Alpukat adalah sumber alami folat yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil, dimana yang sangat penting bagi perkembangan janin yang sehat. Versi sintetis asam folat direkomendasikan untuk semua wanita yang berencana mau hamil, dan makan buah alpukat adalah pilihan yang lebih sederhana, enak dan alami.

3. Menjaga Kesehatan kadiovaskular

Penelitian telah menunjukan bahwa konsumsi omega-6 merupakan faktor penting dalam penyakit kardiovaskular (penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah). Mereka menyarankan menurunkan asupan lemak tak jenuh ganda dan meningkatkan jumlah asam lemak tak jenuh tunggal dalam makanan yang kita konsumsi.
Alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang telah teruji dalam sejumlah penelitian dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.
4. Membantu penyerapan nutrisi 
Mengkonsumsi alpukat secara langsung dapat meningkatkan jumlah karotenoid yang diserap dari makanan hingga 5 kali. Karotenoid adalah termasuk beta karoten dan likopen, yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan yang lebih baik. Peningkatan ini bisa terjadi karena nutrisi dan enzim dalam alpukat bekerja mengurangi peradangan lambung dan peradangan pada lapisan mukosa usus halus.
Sebagai pembuktian, dilakukan lagi sebuah riset untuk memastikan kebenaran hal tersebut. Dua orang memakan salad yang salah satunya dimasukkan alpukat sementara satunya lagi tidak, setelah dicek ternyata benar satu orang yang makan salad yang di dalamnya terdapat alpukat membantu penyerapan nutrisi lima kali lebih baik ketimbang yang tidak.
5. Kandungan buah alpukat membantu mencegah stroke
Kandungan folat yang tinggi dalam alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke. Orang yang makan makanan yang mengandung folat tinggi telah terbukti lebih sedikit yang terkena serangan stroke, dari pada yang hanya sedikit makan makanan yang mengandung folat. 
6. Alpukat mengandung gluthatione
Glutathione merupakan protein yang secara alami diproduksi di dalam tubuh yang sangat berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan juga regenerasi sel. Selain itu, Glutathione juga berperan sangat baik sebagai antioksidan dan antitoksin. Glutathione ini merupakan salah satu antioksidan terbaik yang hanya diproduksi oleh tubuh secara alami dan bisa dengan mudah diperoleh dari asupan makanan sehari-hari yang dikonsumsi. 
Glutathione atau disingkat GSH merupakan ibu dari segala jenis antioksidan. Sel-sel di dalam tubuh sangat menaruh harapan pada kinerja master antioxidant ini. Salah satu manfaat dari GSH adalah anti-aging dengan cara meningkatkan kandungan kolagen dalam tubuh, terutama pada kulit, sehingga meminimalisir timbulnya kerutan pada wajah dan bagian tubuh lain. 

Dikutip dari situs Merdeka, alpukat merupakan salah satu buah dari deretan sumber utama glutathione. Nama lain yang hadir adalah asparagus, bayam, dan sayur brokoli. Semua buah dan sayur segar dapat meningkatkan kadar glutathione, khususnya sayuran seperti kubis, tauge, dan kubis. Anda juga bisa melakukan mixing nutrition untuk mendapatkan glutathione lebih maksimal. Misalnya, dengan menikmati makan malam dengan salad sayur, telur, dan jus alpukat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer